RSS

Tips untuk Time Management


“The key is in not spending time, but in investing it.” 
— Stephen R. Covey


Yakin deh kalau ada beberapa dari kalian yang masih bingung bagaimana seharusnya mengatur waktu agar apa yang dikerjakan bisa  efektif dan juga selesai sesuai deadline. Untuk itu, kami ingin berbagi tips mengenai time management. Silakan cek poin-poin di bawah ini ya.. ^^
·        
  • Rencanakan Waktu Kalian

Sadari bahwa tidak ada orang yang mendapatkan waktu lebih dari 24 jam dalam satu harinya, jadi membuat rencana atau to-do-list dan memprioritaskan apa yang perlu dikerjakan dan harus diselesaikan adalah hal yang sangat penting. Setiap individu bisa saja berbeda. Kalian dapat membuat rencana atau prioritas tersebut dalam bentuk harian, mingguan, atau bulanan. Manfaatkan agenda, kalender, handphone, atau alat lainnya untuk membantu kalian membuat prioritas dan pengaturan waktu.
Coba lakukan hal ini dan lihat bagaimana langkah awal ini mampu meminimalkan waktu sia-sia kalian serta membuat kalian lebih fokus pada tugas dan lebih produktif.

  • Manfaatkan “Waktu Prima” Kalian

Setiap individu memiliki waktu di mana mereka mampu berkonsentrasi dan mengerjakan tugasnya dengan lebih mudah dan ada juga waktu di mana mereka merasa lebih sukar untuk berkonsentrasi dan fokus pada tugas yang menanti.
Nah..amatilah kapan “waktu prima” kalian dan kapan waktu “kurang prima” kalian. Kerjakan hal-hal yang membutuhkan lebih banyak konsentrasi dan kreativitas pada waktu prima kalian. Dengan begini, tugas tersebut akan dapat kalian kerjakan dalam waktu yang lebih singkat.

  • Kenali dan Kendalikan “Pengganggu” Kalian

“Pengganggu” yang dimaksud tidaklah selalu hal-hal yang di luar tugas atau pekerjaan kalian. “Pengganggu” bisa saja dalam bentuk hobi, email pekerjaan, telepon, atau suara ribut. Kenali “pengganggu” kalian.
Jika kalian merasa email terlalu membanjiri inbox dan itu memakan waktu yang cukup banyak, coba untuk membukanya hanya di pagi dan sore hari atau set waktu tertentu khusus untuk mengeceknya.
Jangan enggan menggunakan telepon untuk mengontak klien atau rekan kalian untuk hal urgent yang tidak mewajibkan kalian untuk mengirimnya dalam bentuk tertulis. Social network seperti twitter dan facebook memang menyenangkan tapi berhati-hati jugalah karena mereka juga dapat mengalihkan waktu kerja kalian.
Carilah cara untuk meminimalkan efek dari “pengganggu” kalian.

  • Batasi Waktu Kalian

Lembur adalah salah satu opsi ketika deadline tugas semakin dekat. Namun hal tersebut tidaklah selalu baik, terkadang kalian harus tetap membatasi waktu bekerja kalian karena pembatasan waktu justru dapat memaksa kalian untuk berprioritas dan mengatur waktu lebih baik. Membatasi waktu bekerja juga membuat kalian lebih fresh dan mampu fokus pada tugas yang sedang kalian kerjakan karena kalian pasti akan selalu mencari cara untuk mengerjakannya dengan lebih efektif dan efisien. Cara ini juga akan menjaga kalian dalam pekerjaan jangka panjang dan menghindari burnout.

  • Lakukan Pendelegasian

Jika kalian tidak bekerja sendirian, biarkan orang lain untuk mengambil bagian dalam pekerjaan kalian. Hal ini akan membantu kalian melakukan time management.

  • Jangan Sia-siakan Waktu Menunggu

Terkadang ada waktu di mana kita harus menunggu baik itu kabar dari klien atau waktu sebelum meeting dimulai. Lakukan sesuatu, seperti mengecek laporan  atau merencanakan strategi marketing lainnya. Teknologi seperti handphone atau smartphone dapat membantu kalian mengerjakannya.


  • Evaluasi

Salah satu hal penting adalah melakukan evaluasi terhadap pengaturan waktu yang sudah kalian lakukan. Lihat ke belakang bagaimana kalian mengerjakan to-do-list kalian dan identifikasi hal-hal yang dapat kalian lakukan untuk menambah keefektifan dan keefisienan waktu kerja kalian.



Semoga tips ini dapat berguna bagi kalian terutama para desainer dan calon desainer dalam mengatur waktu. :D Buat kalian yang suka bekerja di depan komputer atau sering menggunakan handphone, kalian bisa menggunakan aplikasi atau program yang dapat membantu kalian membuat to-do-list. Selamat mencoba.


"Management is efficiency in climbing the ladder of success; leadership determines whether the ladder is leaning against the right wall."
— Stephen R. Covey

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Pemeliharaan Mesin, Industrial Maintenance, Industry Maintenance said...

tipsnya bagus

Post a Comment