“The key is in not spending time, but in
investing it.”
— Stephen R. Covey
— Stephen R. Covey
Yakin deh kalau ada beberapa dari kalian yang masih bingung
bagaimana seharusnya mengatur waktu agar apa yang dikerjakan bisa efektif dan juga selesai sesuai deadline.
Untuk itu, kami ingin berbagi tips mengenai time management. Silakan cek
poin-poin di bawah ini ya.. ^^
·
- Rencanakan Waktu Kalian
Sadari bahwa
tidak ada orang yang mendapatkan waktu lebih dari 24 jam dalam satu harinya,
jadi membuat rencana atau to-do-list dan
memprioritaskan apa yang perlu dikerjakan dan harus diselesaikan adalah hal
yang sangat penting. Setiap individu bisa saja berbeda. Kalian dapat membuat
rencana atau prioritas tersebut dalam bentuk harian, mingguan, atau bulanan.
Manfaatkan agenda, kalender, handphone, atau alat lainnya untuk membantu kalian
membuat prioritas dan pengaturan waktu.
Coba lakukan
hal ini dan lihat bagaimana langkah awal ini mampu meminimalkan waktu sia-sia
kalian serta membuat kalian lebih fokus pada tugas dan lebih produktif.
- Manfaatkan “Waktu Prima” Kalian

Nah..amatilah kapan “waktu
prima” kalian dan kapan waktu “kurang prima” kalian. Kerjakan hal-hal yang
membutuhkan lebih banyak konsentrasi dan kreativitas pada waktu prima kalian.
Dengan begini, tugas tersebut akan dapat kalian kerjakan dalam waktu yang lebih
singkat.
- Kenali dan Kendalikan “Pengganggu” Kalian

Jika kalian merasa email terlalu
membanjiri inbox dan itu memakan waktu yang cukup banyak, coba untuk membukanya
hanya di pagi dan sore hari atau set waktu tertentu khusus untuk mengeceknya.
Jangan enggan menggunakan
telepon untuk mengontak klien atau rekan kalian untuk hal urgent yang tidak mewajibkan
kalian untuk mengirimnya dalam bentuk tertulis. Social network seperti twitter
dan facebook memang menyenangkan tapi berhati-hati jugalah karena mereka juga
dapat mengalihkan waktu kerja kalian.
Carilah cara untuk meminimalkan
efek dari “pengganggu” kalian.
- Batasi Waktu Kalian
Lembur adalah salah satu opsi
ketika deadline tugas semakin dekat. Namun hal tersebut tidaklah selalu baik,
terkadang kalian harus tetap membatasi waktu bekerja kalian karena pembatasan
waktu justru dapat memaksa kalian untuk berprioritas dan mengatur waktu lebih
baik. Membatasi waktu bekerja juga membuat kalian lebih fresh dan mampu fokus
pada tugas yang sedang kalian kerjakan karena kalian pasti akan selalu mencari
cara untuk mengerjakannya dengan lebih efektif dan efisien. Cara ini juga akan menjaga
kalian dalam pekerjaan jangka panjang dan menghindari burnout.
Jika kalian tidak bekerja
sendirian, biarkan orang lain untuk mengambil bagian dalam pekerjaan kalian.
Hal ini akan membantu kalian melakukan time management.
- Jangan Sia-siakan Waktu Menunggu


Semoga tips ini dapat berguna bagi kalian terutama para desainer dan calon desainer dalam mengatur waktu. :D Buat kalian yang suka bekerja di depan komputer atau sering menggunakan handphone, kalian bisa menggunakan aplikasi atau program yang dapat membantu kalian membuat to-do-list. Selamat mencoba.
"Management is efficiency in
climbing the ladder of success; leadership determines whether the ladder is
leaning against the right wall."
— Stephen R. Covey
1 comments:
tipsnya bagus
Post a Comment