RSS

Info tentang Visa Turis Australia

Tema post kali ini berangkat dari pengalaman pribadi yang ingin kami share nih..siapa tau bisa berguna buat kalian yang ingin berkunjung ke negara kangguru tersebut. Kami buat dalam bentu Q & A (Question and Answer) ya.. ^^

Q: Visa turis Australia yang mana nih yang dibahas kali ini?

A: Yang kami bahas adalah visa untuk mengunjungi Negara Australia dengan tujuan turisme atau rekreasi saja (liburan, jalan-jalan, mengunjungi saudara atau teman, atau belajar singkat dengan durasi di bawah 3 bulan).
Q: Susah ga sih urus visa turis Australia?

A: Well..pengalaman setiap orang berbeda. Ada yang bisa mendapatkan dengan cukup mudah (normal)..ada pula yang harus memberikan dokumen atau bukti lebih untuk meyakinkan bahwa tujuan kalian di sana memang hanya berkunjung dan bukan menetap.


Q: Apa aja sih syarat-syaratnya? Dokumen apa aja yang diperlukan?

A: Ada 2 rangkap dokumen yang perlu kalian siapin sebelum memasukkan aplikasi ke kedutaan Australia yaitu dokumen pemohon dan dokumen sponsor. Ini nih list dokumen apa aja yang diperlukan..

    Dokumen pemohon :
  • Formulir 48R IND (dan Formulir 956 bila mengurus via agen atau 956A jika via lembaga lainnya) 
  • Paspor asli 
  • 2 lembar pasfoto berwarna ukuran 4x6 cm
  • Copy akte lahir 
  • Copy surat ganti nama (bila ada)
  • Copy kartu keluarga 
  • Copy surat WNI atau KITAS (bila ada, biasa sih orang jaman dulu yang punya ginian..hehe. :p) 
  • Surat ijin dari institusi tempat kalian bekerja (harus ditandatangani oleh orang yang berwenang dan berkop / berstempel) atau surat ijin dari sekolah untuk pelajar (boleh berupa surat ijin menyatakan tidak masuk atau keterangan libur dari sekolah) 
  • Surat undangan dari relasi atau institusi di Australia yang akan kalian kunjungi (bila ada) 
  •  Bukti medical check up dari panel dokter yang ditunjuk untuk mereka yang berusia lanjut (70 tahun ke atas)
  •  Copy paspor dan PR apabila akan berkunjung ke relasi yang sudah menjadi permanent resident di sana

Dokumen sponsor :
  • Surat sponsor 
  • Copy legalisir bukti keuangan berupa deposito / tabungan / rekening koran 
  • Surat referensi bank asli (surat yang menyatakan bahwa sponsor tersebut memang nasabah dari bank tersebut) 
  • Copy akte lahir 
  • Copy surat ganti nama (bila ada)
  • Copy surat WNI atau KITAS 
  • Copy SIUP / NPWP (apabila sponsor dan bukti keuangan dari perusahaan atau institusi)

Q: Apa yang dimaksud dengan sponsor?

A: Sponsor adalah pihak menyatakan secara tertulis di surat sponsor bahwa dia atau mereka akan menanggung semua biaya selama kalian di Australia nantinya. Sponsor ini boleh diri sendiri, keluarga, saudara, perusahaan, atau orang lain yang bersedia menyatakan diri untuk membiayai kalian. Sangat disarankan kalau sponsor kalian mempunyai hubungan secara langsung dengan kalian.

Q: Bagaimana cara lodge atau memasukkan aplikasinya? Ke mana nih lodge dokumennya?

A: Pembuatan visa turis Australia dapat kalian masukkan secara manual langsung ke kedutaan Australia atau melalui travel agent atau juga melalui lembaga bersertifikasi e-visa. Untuk alamat dan jadwal kedutaan Australia dapat kalian lihat di sini.

Q: Berapa lama proses visa turis ini?

A: Proses visa ini normalnya sekitar 5 hari kerja (tidak termasuk Sabtu, Minggu, dan hari libur) untuk kita tau apakah visa kita di-approve atau tidak. Jika ada kekurangan dokumen yang diminta oleh kedutaan atau terlalu banyak pemohon visa (biasanya saat mendekati high season)..proses bisa saja lebih lama dari 5 hari. :D

Q: Berapa biaya pengajuan aplikasi visa ini dan bagaimana cara pembayarannya?

A: Biayanya bisa kalian cek di sini. Visa turis Australia yang kami maksud yang kode 676 ya..dan jangan lupa ditambahkan biaya proses AVAC yang di atas. Cara pembayaran bisa cash atau via kartu kredit. Kalau kalian mengurus via agen atau lembaga bisa beda harga dan cara ya..menyesuaikan mereka. :D

Q: Apakah ada interview dari kedutaan? Pertanyaan apa yang diajukan?

A: Interview akan dilakukan oleh kedutaan Australia jika mereka merasa perlu..jadi semua adalah case by case. Interview seringkali dilakukan via telepon atau mungkin langsung ke kedutaan. Pertanyaan yang diajukan bisa beragam tergantung hal apa yang menurut mereka masih belum jelas atau kurang meyakinkan. Sebagai info, permohonan visa bisa ditolak tanpa harus melalui proses interview ya.. :)

Q: Apabila di-grant, visa yang diberikan nantinya akan berlaku berapa lama? Dan bisakah visa tersebut dipakai berkali-kali untuk keluar masuk Australia?

A: Berapa lama visa akan berlaku tidak dapat diprediksi karena itu merupakan kewenangan kedutaan Australia, bisa saja berlaku 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, dan bahkan 5 tahun. Bisa tidaknya dipakai berkali-kali juga bergantung pada keputusan dari kedutaan..apakah kalian diberi single entry visa (sekali masuk / sekali pakai) atau multiple entry visa (berkali-kali).

Q: Hal apa lainnya yang perlu diperhatikan?

A: Hal-hal lain yang perlu kalian perhatikan adalah :
Ø Isi durasi kunjungan visa kalian di formulir 48R IND sesuai dengan durasi surat ijin kalian.
Ø Semakin tinggi nominal bukti keuangan yang diberikan akan semakin bagus dan membantu. Tetapi ingatlah bahwa ini tidak menjamin kepastian approval visa kalian.
Ø Berikan alasan dan bukti-bukti kunjungan yang benar-benar menyatakan bahwa kalian hanya berkunjung sementara dan bukan menetap di sana.
Ø Sebutkan status hubungan kalian dengan sponsor yang sesungguhnya di surat sponsor dan pastikan bahwa status itu akan cukup meyakinkan mereka bahwa alasan dia mensponsori kalian itu cukup masuk akal.
Ø Saat kalian lodge, kalian kan menerima semacam resi yang di dalamnya terdapat no referensi untuk melacak permohonan visa secara online.

Yeap..sekian dulu info mengenai visa turis Australia. :D Ada baiknya jika kalian tetap berkonsultasi dengan ahlinya atau orang yang sudah berpengalaman agar kalian tidak kebingungan sendiri dalam pengurusannya. Sukses ya buat yang kalian yang mau apply visa tipe ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 comments:

Caroline C said...

untuk surat ijin dr institusi tempat kita bekerja atau sekolah, kalo yang masih kuliah harus minta ke univ.nya?

Creativo said...

Walau sebenarnya ini bukan syarat wajib dan mutlak tapi lebih baik minta surat keterangan ke administrasi universitas yang bersangkutan supaya proses visanya lebih lancar (sebagai bukti bahwa tidak sedang membolos kuliah). :)

Caroline C said...

oh, okay. :D
thanks.
Untuk surat sponsor, kalau sponsornya kita sendiri, ditulis di suratnya ya kita sendiri aja gitu kan?
Oh iya, sekalian, baiknya, utk membuat visa ini brp bulan sebelum keberangkatan ya?

Creativo said...

Iya..tetap tulis surat yang menyatakan akan mensponsori diri sendiri dan semua biaya yang dikeluarkan selama di Australia. :)
Paling cepat pengurusan 2-3 bulan sebelum berangkat..paling lambat 1,5 bulan sebelum jika manual tetapi untuk e-visa paling lambat 2-3 minggu sebelum keberangkatan.

Unknown said...

kalauj yang bekerja di perkebunan autralia keanyak mereka pke visa apa yaa?

Post a Comment