RSS

Jungkir Balik Cari Ide?

Sudah mikir lamaaa, tapi tetap saja belum menemukan ide. Sampai pasang plang di pintu kamar, “Do Not Disturb. I’m Thinking” dan ‘bertapa’ berhari-hari di dalam kamar demi mencari wangsit. Duh, saking desperate, rasanya ingin jungkir balik saja!


 Oh dear, don’t be too serious! Kamu mencari ide untuk memecahkan masalah, tapi malah mendatangkan masalah baru. Mungkin kamu terlalu fokus dengan masalah. Padahal, tidak perlu susah-susah cari ide, ide bisa datang menghampirimu kok! Ide bisa datang kapan saja, mungkin ketika kamu tidak menyadarinya. Karena otakmu sudah overload dengan masalah, makanya si ide cemerlang ogah mampir karena sudah tidak ada tempat lagi buat ide.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah, relaks. Siapkan tempat buat si ide untuk mampir di otakmu. Lupakan sejenak masalah yang kamu hadapi dan lakukan kegiatan yang membuat kamu relaks. Misalkan, membaca komik lucu, mendengarkan musik yang easy-listening, pergi ke salon dan spa, atau berolahraga ringan. Kondisi tenang dan nyaman mengenyahkan carut-marut dalam pikiran yang menggangu kamu untuk berpikir jernih. Dengan relaks, kamu menyediakan ‘ruang’ buat si ide untuk tumbuh. Di saat relaks inilah, biasanya banyak ide akan bermunculan.

Kalau kamu masih belum menemukan ide, mungkin kamu kekurangan bahan untuk meracik ide. Caranya gimana? Cukup lirak-lirik. Maksudnya bukan lirak-lirik doi lho, tapi lirak-lirik ide orang lain buat inspirasi. Jadi dijamin tidak membuat mata jereng hehe... Namun bukan berarti kamu meniru ide tersebut sama persis ya! Nanti malah kamu dicap plagiator, alias orang yang suka copy paste ide orang lain. Tirulah dengan cara yang pintar dan elegan, seperti yang dilakukan oleh para pelaku industri. Mereka meniru tapi tidak 100%. Mereka memberi nilai tambah atau bahasa kerennya value-added  pada ide tersebut sehingga ide tersebut semakin bagus dan unik. Justru pekerjaan tiru-meniru ini membuat industri berkembang karena mereka berkompetisi menciptakan value-added yang lebih baik daripada kompetitor.

Ide sudah ketemu, tapi harus mikir lagi buat value-added. Eits, jangan bilang ‘capedeh’ dulu! Kalau mau sukses tidak boleh gampang putus asa. Lagipula, tidak sesulit yang kamu kira kok! Lakukan saja hal yang di luar kebiasaan kamu. Misalkan, mendengarkan musik yang tidak biasa kamu dengar seperti musik jazz, new age, klasik, atau instrumental, berwisata kuliner mencicipi citarasa baru, melewati jalan yang jarang atau tidak pernah kamu lalui, mengenakan busana yang berbeda dari style harian kamu, atau menjelajah website baru. Semakin banyak hal-hal baru yang kamu lakukan akan memperluas wawasan, menambah pengalaman, dan membuka perspektif baru dalam pikiran yang mampu meningkatkan daya imajinasi kamu. Hal ini akan merangsang kamu untuk berpikir outside the box alias unik dan kreatif.


Tidak perlu takut menjadi berbeda, karena biasanya ide yang gokil dan ‘nyleneh’ mampu menarik perhatian orang. Asalkan masih relevan dan tidak menyinggung pihak tertentu tentu saja bisa diterima. Siapa tahu dari ide nyentrik, kamu bisa jadi innovator. Ya, kalau ide kamu  benar-benar unik dan hasilnya bermanfaat bagi orang lain. Yang seperti ini yang pantas diacungi dua jempol! Jempol pertama untuk kreatifitas ide, dan jempol kedua untuk keberanian menerapkan ide.

Pikiran manusia begitu menakjubkan, asalkan digunakan secara benar mampu menghasilkan mahakarya yang berguna bagi sesamanya.  Sangat disayangkan kalau tidak dimanfaatkan secara maksimal. Maka dari itu, beranikan diri untuk keluar dari comfort zone. Berhenti berkutat dengan duniamu yang itu-itu saja dan membuat kamu frustasi. Dunia tidak selebar daun kelor, dear! Perluaslah wawasanmu dengan menjelajahi dan menikmati indahnya dunia. Seraplah banyak pengetahuan, bisa dari masalah sejenis, atau justru dari yang terlihat tidak berhubungan dengan masalah. Hal-hal yang random bisa saja memiliki suatu keterkaitan yang mungkin bisa menjadi jawaban dari masalahmu. Jangan lupa menyaring informasi yang kamu terima. Buang yang jelek-jelek dan simpan yang bagus-bagus supaya daya tampung otakmu tidak terbuang percuma untuk menyimpan hal yang tidak berguna dan berpotensi merusak.

Sebagai penutup, kami memberikan semboyan untuk kamu. BEGO. Belajarlah Engkau, Gunakan Otakmu! Semoga pencarian idemu membuahkan hasil yang berguna baik untuk kamu sendiri dan orang lain. Good luck!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment