RSS

About Desain Grafis

Desain Grafis

Banyak persepsi untuk 1 jurusan ini. Sebagian orang sudah mengganggap jurusan ini adalah jurusan yang ke depannya bisa memberikan cakupan bidang kerja yang cukup luas karena bidang ini sedang sangat berkembang tapi tak sedikit juga yang menganggap bahwa jurusan ini sangat tidak menjanjikan dan masih di bawah level kawan satu bidangnya, yakni desain interior. 

Hmm..jadi mana yang benar? Supaya pandangan kita lebih terbuka tentang jurusan ini, cari tau yuk apa itu desain grafis dan seperti apa lingkupnya. 

Pernah terkagum dengan sebuah iklan di billboard atau merasa tertarik membeli produk tertentu di pasaran karena kemasannya yang lucu? Jika iya, berarti kita sudah pernah ‘tersihir’ dengan karya-karya dari para desainer grafis. ^^

Taken from Juanma Teixidó, 2008
Ayo kita mulai dengan sedikit mengupas arti desain grafis terlebih dahulu. Desain grafis menurut Wikipedia adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Bidang ini mempelajari tentang tipografi (pemilihan, penataan, dan pengaturan huruf untuk menciptakan kesan tertentu), ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, tata letak, dll. Penuangan ide-ide seni di desain grafis lebih ke dalam bentuk material 2 dimensi. Setiap penciptaan karyanya lebih dituntut untuk memiliki suatu konsep dan pesan yang ingin disampaikan. Karena hal-hal tersebut lah, desain grafis menjadi sangat berguna dan berkembang di dunia modern. 


Contoh implementasi desain grafis di kehidupan sehari-hari adalah cover majalah langganan kalian, poster yang menempel di mading sekolah, billboard besar yang terpampang di jalan raya yang kita lewati, website yang kita buka, kalender yang menempel di dinding, logo perusahaan air mineral yang membalut botol kemasannya, bungkus snack yang kita makan, bahkan badge seragam sekolah yang kita pakai sehari-hari. Wow..ternyata desain grafis ada di mana-mana ya di hidup kita selama ini. Cakupannya sangat luas dan tidak lepas dari kegiatan kita. Warna, layout, tulisan, dll. yang merupakan hasil kreasi dari desain grafis sudah mewarnai hidup kita. Itu juga yang membuat desain grafis tidak seharusnya diremehkan karena peranannya yang cukup vital bagi kita. Sama pentingnya dengan arsitektur, interior desain, bisnis, dll.

Pada pembelajaran awal, biasanya murid lebih mempelajari desain grafis secara umum tapi pada level berikutnya mereka akan dibawa untuk lebih mengenali branding, packaging, dan integrated marketing communication yakni pembelajaran yang nantinya lebih menyinggung dan juga menyatakan peranan penting desain grafis dalam dunia bisnis bagi perusahaan baik untuk pengkilanan maupun kemasan. Dengan desain yang tepat, unik, dan sanggup berbicara sesuai dengan apa yang ingin disampaikan oleh perusahaan kepada target pasarnya, produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut dapat mengambil tempat tersendiri di hati konsumen atau pelanggannya.Penggunaan branding sendiri ukan sembarang pengaturan, seorang desainer grafis juga harus mampu melakukan analisa dan memperkirakan alokasi dana untuk pengiklanan yang tepat, itu mengapa integrated marketing communication juga menjadi bekal yang sangat baik untuk dipelajari di desain grafis.

Taken from Henry Hadlow, Tell a Lie, 2009
Sangatlah bagus apabila kita banyak berlatih untuk mengubah informasi ke dalam sebuah karya yang sanggup menceritakan informasi tersebut kepada penyimaknya karena itu akan membuat kita semakin terasah baik secara skill, kreativitas, maupun pengembangan ide dan konsep. Mempelajari secara otodidak bukanlah hal yang mustahil tapi apabila kita dapat menambah ilmu kita melalui kursus atau bahkan melalui perkuliahan, itu akan sangat menunjang karena bekal yang diberikan menjadikan dasar kita lebih kuat dan pengetahuan kita akan semakin banyak. Jangan lupa juga untuk memperluas wawasan terus ya.. ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment