RSS

Lettering Mini yang Menyentuh Hati ala Dexca Muamar


Apa yang Wikipedia bilang soal lettering atau yang kita juga kenal sebagai seni kaligrafi? (Belum-belum udah nyatut dari laman Wikipedia. Thanks, Wiki..hihi. :p)


Calligraphy is a visual art related to writing. It is the design and execution of lettering with a broad tip instrument, dip pen, or brush, among other writing instruments. A contemporary calligraphic practice can be defined as, "the art of giving form to signs in an expressive, harmonious, and skillful manner"

Dari penjabaran tersebut, jelas terlihat bahwa kaligrafi atau lettering merupakan seni dalam penulisan. Dengan berkembangnya jaman, keindahan seni lettering ini pun ikut terus berkembang dan semakin banyak kita jumpai. Lettering semakin banyak digunakan dalam desain undangan, desain tipografi, desain logo, desain dokumen, dll.

Penggemar lettering juga semakin meluas ke berbagai kalangan termasuk kalangan muda. Keunikan seni yang satu ini memikat dengan cara tersendiri. Beberapa perminat lettering mengaku tidak terlalu jago dalam menggambar walau tangan mereka terbiasa menciptakan tulisan-tulisan indah yang penuh seni.

Salah satu penggemar lettering dari kalangan muda ini adalah pria asal Malang bernama Dexca Muamar RAZ. Dexca yang saat ini berusia 22 tahun menggunakan media Instagram dan menggunggah karya-karyanya dengan nama @dekedex. Dexca menyukai lettering pada mulanya karena mencoba-coba. Awalnya Dexca memulai dengan gaya copperplate (tebal tipis menggunakan pena) dan sekarang Dexca lebih banyak mengeksplorasi karya berukuran kecil menggunakan pensil.


Sehari-harinya Dexca sering mengutip quote yang sedang sesuai dengan suasana hatinya ke dalam sebuah karya lettering yang berukuran cukup mungil berkisar 3-4 cm dengan susunan yang rapi nan indah. Lettering Dexca ini telah mencakup berbagai hal dari logo, desain tato, kartu ucapan, t-shirt, poster, dll. Dexca lebih menyukai pensil kayu sebagai peralatannya untuk keseharian namun bila ada permintaan pembuatan dari klien, Dexca terkadang menggunakan komputer dalam pengerjaannya.

A photo posted by Dexa Muamar (@dekedex) on

A photo posted by Dexa Muamar (@dekedex) on

Dexca yang menempuh jurusan Ekonomi di perkuliahannya ini mengatakan bahwa ia mempelajari lettering secara autodidak melalui internet. Salah satu hal yang disukai adalah proses perjuangan yang ditempuh hingga tercipta tulisan yang indah dilihat.

Kenapa quote? Pria yang mengaku cukup "moody" saat mengerjakan karya-karyanya ini mengatakan kepada letteringguy bahwa huruf dan kata-kata sering digunakan untuk mengungkapkan pikiran kita tentang sesuatu yang terjadi di sekitar kita. ia juga mengungkapkan lebih menyukai quote yang jujur dan berdampak pada hidup kita daripada quote motivasi.




A photo posted by Dexa Muamar (@dekedex) on


Source : Lettering Guy, @dekedex, and private chat with Dexca Muamar (thanks for the time, Dexca! ^^)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment