RSS

Sejarah Hari Valentine - Happy Valentine's Day!

Artwork by Daniel Anthony G.

Seperti yang kita ketahui bahwa Hari Valentine adalah hari yang identik dengan kasih sayang dan romantisme. Tapi apakah kalian mengetahui kisah di balik Hari Valentine?

Hari Valentine diambil dari kisah seorang santo Romawi bernama Santo Valentine atau Valentinus yang meninggal sebagai martir. Tetapi ada banyak versi cerita mengenai hidupnya dan kematiannya pada tanggal 14 Februari di masa lampau.

Sebuah cerita mengatakan bahwa Valentine yang merupakan seorang romo atau pendeta, tidak setuju dengan ketetapan Kaisar Claudius II yang melarang pria muda menikah karena pria lajang dapat menjadi tentara yang lebih tangguh daripada mereka yang sudah menikah. Valentine diam-diam menikahkan banyak pasangan muda sampai akhirnya ia dihukum mati setelah Kaisar Claudius mengetahuinya.

Kisah lain menceritakan bahwa Valentine mungkin dibunuh karena berusaha membebaskan kaum Kristiani dari siksaan dan kekejaman penjara Romawi. Kisah lainnya berkata bahwa Valentine yang terpenjara mengirimkan salam “valentine” pertamanya kepada seorang wanita muda yang mengunjunginya selama dalam tahanan. Konon wanita yang dia cintai tersebut adalah putri dari sipir penjara. Sebelum kematiannya, dikatakan bahwa Valentine menulis sebuah surat untuk wanita tersebut dengan tanda “From your Valentine”, sebuah ekspresi yang digunakan hingga saat ini.

Well, meskipun kebenaran kisah dari St. Valentine ini belum diketahui dengan jelas, kisah-kisah tersebut menekankan pada sebuah figure yang simpatis, heroik, dan romantis.

So, kasihi Tuhan dan sesamamu setiap waktu ya..lakukan yang terbaik bagi mereka. Happy Valentine’s Day! :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment